We’re back at Maru’s insight. Kalian pasti tahu kalau identitas brand yang kuat dan mudah dikenali bisa membantu bisnis menjadi lebih sukses.  Dengan melakukan branding yang efektif kita dapat meningkatkan reputasi dan membuat bisnis kita mencolok dari kompetitor.

Namun, sebelum itu mari kita perkenalkan apa sih sebenarnya brand identity itu?

Secara definisi identitas brand adalah gabungan dari elemen-elemen design yang diciptakan untuk menampilkan value perusahaan serta membuat impresi yang tepat ke mata pelanggan. Untuk menciptakan impresi yang tepat ini diperlukan riset dan fokus ke detail untuk mengembangkan sebuah keunikan yang benar-benar bisa menjadi proyeksi pesan dari perusahaan. Inilah kenapa menciptakan identitas brand yang efektif sangatlah penting. Selain itu brand juga mengkomunikasikan kepribadian dan membentuk persepsi dari bisnis Anda.

Identitas brand tidak berbicara hanya mengenai logo, tapi juga berbicara tentang produk Anda, apa yang anda tawarkan, bagaimana cara Anda bekerja, dan yang terutama inilah yang menarik minat customer ke bisnis Anda.

Semua perusahaan yang besar pasti tahu betapa pentingnya mengembangkan brand identity yang kuat. Namun masih terdapat beberapa business yang memiliki persepsi yang salah mengenai identitas brand. Banyak bisnis yang berusaha mengurangi pengeluaran perusahaan dengan membuat visual brand mereka sendiri tanpa menggunakan tenaga profesional. Namun sebenarnya ini adalah langkah yang kurang tepat karena dengan membuat Visual Brand Anda sendiri ini akan membahayakan bisnis Anda karena apa yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Coba bayangkan ketika pelanggan anda melihat website/ logo perusahaan Anda yang terlihat dibuat apa adanya? Pelanggan Anda akan mempertanyakan kualifikasi dan profesionalisme dari bisnis Anda.

Nah karena itu kita ingin menjelaskan mengapa brand identity yang profesional ini sangatlah penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan baik kecil maupun yang sudah besar.

Kita langsung saja ke benefit yang pertama.

 

1. Increase Professional Company Image

Disaat Anda berhasil menciptakan identitas brand yang profesional, pada saat itulah akan terjadi perubahan persepsi pandangan dari konsumen. Perubahan ini terjadi karena identitas brand Anda tidak lagi berputar mengenai diri Anda tapi identitas dari perusahaan Anda. Ketika prospek Anda melihat branding yang professional digunakan secara konsisten di business card, website, atau media sosial perusahaan Anda, mereka akan yakin bahwa perusahaan Anda memiliki kualifikasi bisnis yang tinggi.

 

2. Increase Trust and Loyal Consument

Setelah meningkatkan kualifikasi identitas brand yang professional juga membuat konsumen menjadi loyal dan percaya. Identitas brand yang professional pastilah memiliki konsistensi dalam penyampaian pesan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Penyampaian pesan ini akan dikomunikasikan ke konsumen target market Anda di baik secara offline maupun online seperti di Facebook, Instagram, dan Twitter. Dengan penyampaian brand yang stabil akan tertanam ke pikiran konsumen.

Sebagai contoh “Coca Cola” berhasil menanamkan bahwa mereka adalah minuman yang menyegarkan. Keberhasilan ini membuat konsumen yang mencari minuman yang menyegarkan membeli coca-cola dan ini akan terjadi secara berkelanjutan. Koneksi dari segi loyalitas dan kepercayaan ini akan membuat bisnis Anda mengembangkan relasi jangka panjang dengan pelanggan Anda, menuju customer loyalty yang lebih baik.

 

3. Make Strong Differentiation

Ketika perusahaan Anda memiliki identitas brand yang tepat, akan terlihat perbedaan dan persepsi yang mencolok dalam reaksi konsumen terhadap brand yang sesuai untuk mereka dan yang tidak. Reaksi ini terjadi karena konsumen melihat investasi bisnis Anda untuk membuat identitas brand yang unik, menceritakan dengan jelas bahwa Anda yakin dengan bisnis anda yang akan sukses. Dan keyakinan akan kesuksesan bisnis Anda akan meningkatkan loyalitas brand dan kepercayaan konsumen akan bisnis anda. Ketika anda berhasil meningkatkan loyalitas brand dan kepercayaan konsumen maka anda akan berhasil membuat bisnis anda tertanam di pikiran pelanggan.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai kenapa identitas brand itu penting dalam branding. Semoga pembahasan kali ini dapat berguna bagi kalian. See you on the next maru’s insight.