Bikin branding itu bukan hal yang mudah lho guys. Tidak bisa sembarangan pilih nama dan ambil gambar dari google atau pinterest. Banyak banget hal-hal yang perlu diperhatikan secara detail. So, apa aja sih yang perlu kita lakukan untuk membuat branding yang oke, solid, dan timeless? Beginilah step-step yang biasanya dilakukan Marudesign.

1. Hear The Problem

Langkah yang pertama ini menuntut kita untuk dapat mengerti permasalahan apa yang sedang terjadi di luar sana. Mengerti dan memahami sehingga kita dapat melakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Contoh: Kamu sedang mau buka usaha ayam, tapi ternyata banyak sekali isu-isu tentang ayam tiren atau ayam suntik hormon, padahal produk ayam kamu sudah modern dan menggunakan makanan-makanan bergizi untuk membuat ayammu sehat. Kita harus paham dengan apa yang sedang terjadi di pasar. Tidak selalu menggunakan cara pandang penjual tapi juga melihat dari sisi pembeli.

2. Brand Research

Setelah tahu kekuatan dan kelemahan produk kita, langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Riset apa saja sih yang perlu dilakukan? Wajib hukumnya untuk paham dengan kompetitor yang ada, sehingga produk kita dapat berbeda dan stand out di pasaran. Jangan sampe kalian sudah capek-capek bikin usaha tapi ternyata namanya sudah dipakai orang lain, atau produk kalian ternyata gak lebih bagus daripada kompetitor punya. Cari keunikan brand anda sendiri.

3.Brainstorming The Solution

Jika kalian sudah tau apa saja kekurangan dan kelebihan kalian, sekarang waktunya untuk menggodok ide-ide yang masih mentah jadi matang guys. Perusahaan memiliki caranya sendiri-sendiri untuk menggaet para pelanggannya. Contoh: ice cream turki, punya cara yang sangat unik saat menyajikan es krim kepada pelanggan. Beda halnya dengan ice cream haagen dazs yang mengandalkan diskon pada hari senin. Intinya kalian harus punya daya tarik tersendiri yang membuat kalian berbeda dengan pesaing yang ada.

4.Creative Ideas

Setelah menggodok dan menimbang semua yang sudah diriset, saatnya untuk membuat ide-ide visual yang memungkinkan dapat mempresentasikan usaha kalian. Mulai dari nama, slogan, bentuk logo. Jangan lupa juga untuk tetap riset, apakah sudah ada yang pakai bentukan itu, nama itu, dan slogan itu. Kalian pasti ga mau kan nanti dibilang plagiat? Atau tukang niru.

5. Design Work

Kalau sudah ketemu yang pas dan sreg, baru kalian bisa bikin logo yang sesuai dengan tema kalian. Jangan sekali-sekali kalian buat logo tanpa riset ya guys. Haram hukumnya untuk para designer hahaha. Selain logo kalian bisa lanjut bikin kartu nama, letterhead, supaya branding perusahaan kalian sangat terasa, jadi gak cuma logo doang deh.

Oke deh segitu dulu dari Marudesign, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya. Terima kasih sudah menyimak artikel kali ini. See you next time!