Di era modern seperti sekarang, masyarakat seakan tak dapat dipisahkan dari smartphone. Smartphone selalu berevolusi setiap tahun dengan berbagai macam seri baru yang dikeluarkan oleh brand-brand ternama. Adapun contoh brand-brand smartphone yang cukup terkenal di Indonesia adalah Oppo, Samsung, Xiaomi, Vivo, dan lain-lain. Namun, dari sekian banyaknya brand smartphone yang populer di Indonesia, Vivo masih menjadi jawara pada industri smartphone di Indonesia. IDC seakan menegaskan fakta tersebut dengan data yang mereka miliki di tahun 2020. Vivo berhasil menguasai 27.4 persen pangsa pasar smartphone di Indonesia pada quartal satu tahun 2020.
Bagaimana brand Vivo masih tetap stay menjadi raja dalam dunia smartphone Indonesia? Apalagi di saat pandemi seperti ini, bagaimana brand tersebut tetap mampu menjaga kedudukan mereka? simak pembahasannya sebagai berikut

1. Pemilihan range harga yang relatif terjangkau

Brand Vivo terkenal dengan produk smartphone mereka yang mempunyai harga yang bisa dibilang relatif terjangkau. Dengan budget sekitar 2 jutaan saja, kalian sudah dapat memiliki smartphone Vivo. Vivo cukup cerdas dalam memilih target market mereka yaitu untuk kelas menengah ke bawah. Kelebihan tersebut juga ternyata berpengaruh terhadap masyarakat selama masa pandemi karena masyarakat lebih memilih untuk mencari smartphone bagus dengan harga yang relatif terjangkau apalagi perekonomian dalam negeri sedang menurun akibat dampak dari pandemi sehingga daya beli dari masyarakat juga secara tak langsung terpengaruh.

2. Mudah dicari dan marketing yang masif

Brand Vivo sangat aktif dalam memasarkan produk mereka. Tidak sulit bagi kita untuk menemukan toko smartphone Vivo dimana-mana, entah itu di dekat rumah maupun di dalam mall. Brand Vivo juga aktif mempromosikan produknya baik melalui media televisi, reklame di jalan raya, ataupun internet. Bahkan mereka juga berani menggaet influencers ternama sebagai brand ambassador mereka yaitu Agnes Mo.

3. Berinovasi dengan fitur yang unik

Brand Vivo sangat inovatif dalam mengembangkan smartphone mereka. Brand Vivo mempunyai 6 pusat penelitian yang berfokus untuk menciptakan fitur terbaru bagi smartphone Vivo. 6 pusat tersebut berlokasi di dua negara, yaitu China dan Amerika Serikat. Beberapa contoh nyata dari hasil penelitian tersebut adalah seri Vivo V15 yang hadir di Indonesia secara resmi dengan kelebihan utamanya adalah Elevating Camera dan sensor sidik jari (fingerprint) yang ada di dalam layar.

4. Banyaknya variasi produk dengan desain yang menawan

Brand Vivo mempunyai variasi smartphone yang bermacam-macam karena disesuaikan oleh kebutuhan pengguna. Untuk mendengarkan musik, bermain game, maupun berfoto, semuanya telah ada serinya dan telah disesuaikan sedemikian rupa dari brand Vivo sendiri. Selain itu, desain yang elegan dan menarik perhatian merupakan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Mayoritas masyarakat membeli Vivo karena desain yang dimiliki terbilang bagus.
Tak mengherankan apabila brand Vivo masih menduduki posisi sebagai raja smartphone di Indonesia. Kemampuan mereka dalam menjaga dan terus berinovasi melalui produk smartphone mereka serta strategi marketing mereka yang berani membuat brand Vivo patut diacungi jempol. Apakah kalian juga tertarik mempunyai smartphone Vivo?