Baru-baru ini dunia Twitter sedang trending dengan tagar #clubhouse. Nama tagar tersebut sebenarnya muncul dari sebuah aplikasi yang tersedia di IOS bernama Clubhouse. Clubhouse merupakan sebuah aplikasi dengan konsep unik dimana penggunanya hanya mampu berkomunikasi dengan suara mereka saja dan tidak dapat melalui teks dan gambar layaknya aplikasi chat lainnya.

Aplikasi ini mendadak melejit di kalangan masyarakat setelah CEO Tesla, Elon Musk, hadir dan terlibat dalam suatu diskusi melalui aplikasi tersebut. Beberapa tokoh maupun influencers terkenal bahkan mencoba menggunakan aplikasi ini, sebut saja CEO Facebook, Mark Zuckerberg hingga yang terbaru adalah Reza Oktovian, seorang gamer dan musisi terkenal dari Indonesia.

Untuk saat ini, aplikasi Clubhouse masih dalam tahap beta version. Untuk bergabung, pengguna harus mendapatkan undangan atau rekomendasi dari user lain yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini berkonsep diskusi ala podcast yang sedang berlangsung secara live dan tidak dapat diulang kembali oleh penggunanya. Hal tersebut membuat pengguna merasakan FOMO (Fear of Missing Out) yang seakan “memancing” pengguna agar tetap bertahan menggunakan aplikasi tersebut sembari mengikuti diskusi hangat yang telah disajikan melalui beberapa kategori yang tersedia dan di-host oleh orang tertentu. Adapun kategori-kategori tersebut membahas seputar olahraga, ekonomi, gaya hidup, hiburan, seni, bisnis, teknologi, dan lainnya.

Sisi menarik dari aplikasi Clubhouse adalah setiap orang yang tergabung di dalam sebuah room dapat bergantian menjadi pembicara dalam diskusi tersebut. Aplikasi Clubhouse memungkinkan pengguna untuk saling berbagi ide atau pendapat mereka secara pribadi tentang suatu topik yang telah ditetapkan secara bersama. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang, Clubhouse seakan menjadi sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai “wadah” yang tepat bagi orang-orang untuk saling berbagi perasaan yang mereka miliki serta berdiskusi berbagai macam hal. Bahkan pengguna dapat merasakan diskusi bersama pembicara terkenal dengan menggunakan link undangan yang di share oleh orang tersebut. Selain itu, Clubhouse juga dapat menjadi aplikasi yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Hal menarik lainnya adalah untuk melakukan sebuah diskusi, pengguna hanya perlu memakai handphone saja demi terlibat dalam sebuah diskusi yang berkualitas.

Saat ini, Clubhouse hanya tersedia di operating system berbasis IOS saja dan versi Android sedang dikembangkan lebih lanjut. Namun, sosial media ini mempunyai potensi yang menjanjikan karena dapat menawarkan sebuah nuansa baru dalam berdiskusi berbagai macam hal dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama. Juga, dengan menggunakan fitur suara, berdiskusi dengan orang lain dapat terjadi secara singkat karena pengguna tidak perlu mengetik teks, gambar ataupun video untuk berinteraksi. Clubhouse juga bersifat fleksibel, yang artinya pengguna bebas mengundang orang lain untuk berdiskusi kapan saja dan dimana saja.

Jadi, apakah kamu masih bingung untuk mencari sosial media yang enak sebagai tempat untuk ngobrol santai? Selamat mencoba aplikasi Clubhouse.