Di era digital seperti sekarang, sosial media seakan menjadi “sahabat” bagi setiap orang. Berbicara tentang sosial media, tentu kita sudah tak asing dengan Twitter, Instagram, Facebook, WhatsApp, Youtube, dan lain-lain. Dari berbagai macam sosial media tersebut, salah satu sosial media yang sedang booming adalah TikTok. Laporan dari pasar aplikasi mobile Sensor Tower per juli 2020 menunjukkan bahwa TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Indonesia berada pada peringkat keempat dalam pengguna TikTok dengan total mencapai 30.7 juta pengguna di Indonesia. Mayoritas pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh Gen Z, generasi yang “tanggap” akan sosial media. 

Melihat aplikasi TikTok yang berkembang pesat, tentu saja sangat menjanjikan bagi anda sebagai pelaku bisnis untuk belajar memanfaatkan aplikasi ini demi memperkuat brand anda secara optimal. Audiens yang partisipatif, beragam jenis fitur kreatif, banyaknya jumlah pengguna yang aktif setiap hari, hingga iklan yang tampil secara variatif adalah beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh demi mengembangkan brand anda secara luas. 

tiktok

Lalu bagaimana anda dapat memanfaatkan TikTok untuk memperkuat bisnis anda? Ada 3 hal umum yang perlu anda ketahui :

1 Ciptakan ide-ide konten yang bersifat kreatif, unik, dan enjoyable

Nowadays, TikTokers (sebutan untuk para kreator TikTok) mempunyai jenis konten yang telah mereka buat untuk menunjukkan apa yang mereka suka. Ada yang senang berbagi konten yang bersifat edukatif, komedi, gaya hidup sehat, video game, dan lain-lain. Para TikTokers tersebut akhirnya dapat berkembang menjadi kreator yang sukses karena mereka terus mencari ide-ide unik setiap harinya tanpa keluar jalur dari jenis konten mereka sendiri. Alangkah baiknya apabila anda mencari tahu terlebih dahulu bidang bisnis anda, apakah bergerak dibidang makanan, edukasi, kesehatan, otomotif, dan lain-lain. Hal tersebut dapat mempermudah anda dalam menyusun ide-ide apa saja yang ingin anda bagikan untuk memperkuat brand anda sehingga berpotensi meningkatkan kepercayaan publik terhadap brand anda. Pastikan konten yang anda buat mempunyai konsep yang menyenangkan ditambah dengan promosi produk dari brand anda sehingga dapat menimbulkan kesan yang original dan tetap enjoyable untuk ditonton. 

2 Kolaborasi dengan influencer yang segmented dalam brand anda

Sebagai pelaku bisnis, anda pasti akan dituntut oleh keadaan untuk membangun koneksi bersama orang lain. Pasalnya, tak bisa dipungkiri bahwa membangun dan berkolaborasi dengan banyak relasi dapat memperluas kesempatan dalam memperkenalkan brand anda terhadap banyak orang. Manfaat kolaborasi yang bisa anda dapatkan selanjutnya adalah adanya koneksi dapat merekomendasikan brand bisnis anda kepada orang lain sehingga brand awareness bisnis anda menjadi lebih kuat di mata publik. Pastikan anda mencari tahu terlebih dahulu siapa influencers yang terkenal dalam bidang bisnis anda dan cobalah untuk membangun relasi dengannya secara perlahan sehingga dapat memudahkan anda ketika melakukan kolaborasi konten bersamanya di lain waktu. 

3 Konsistensi dalam meng-upload konten

Dalam promosi brand anda, anda tidak hanya dituntut hanya sekedar melihat trend ataupun target market saja, melainkan anda juga perlu memperhatikan pentingnya konsistensi dalam membangun bisnis. Ketika anda sudah memutuskan untuk menambah TikTok dalam bisnis anda, maka anda juga perlu konsisten dalam membuat konten TikTok setiap harinya agar dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis anda. Selalu siapkan satu atau dua video dalam akun TikTok bisnis dan rencanakan ide setiap konten tersebut secara matang serta posting pada hari dan jam tertentu secara berkala. Dengan demikian, orang-orang tidak akan sulit menemukan konten anda dan dapat memberikan perhatian lebih terhadap bisnis anda karena anda rutin mengupload konten agar perkembangan bisnis anda dapat lebih optimal. 

Jika brand anda juga menargetkan orang-orang dalam generasi Z, TikTok merupakan salah satu media yang dapat anda coba dalam mengembangkan brand anda Menarik bukan? Jadi, Sudah siapkah anda untuk menambahkan TikTok sebagai media dalam mengembangkan brand anda?